Jumat, 25 Januari 2013

#3. Saya dan Uput (dan juga Bona)

Uput sekarang



Sudah lama saya pengen banget shalat subuh berjamaah di masjid. Bukan cuman di bulan puasa, tapi hari biasa. Setiap menjelang azan subuh saya sering mendengar pintu sebelah rumah dibuka, dan begitu saya intip di jendela Bapaknya Uput yang jarang ngajak saya ngomong.

Sampai suatu hari saya menyiapkan diri, ketika Bapaknya Uput keluar untuk shalat subuh, saya ikut keluar.
Saya pun bilang pengen shalat subuh di mesjid at-taqwa. Hore ternyata, boleh ikut.

Sebenarnya yang paling saya takutin adalah saat lewat rumah kak Butet karena si Bona sok akrab gitu. rajin menggonggong dan menegjar orang. Tapi saya merasa aman bersama bapaknya Uput.

Berhari-hari kemudian bapaknya Uput nggak cuma keluar sendiri tapi juga dengan Uput. Akhirnya shalat subuh di masjid jadi bertambah anak kecilnya. Nggak cuman bapak-bapak.

Suatu hari, bapaknya Uput piket. Tapi karena saya terbiasa shalat Subuh ya berangkat aja. Tapi karena takut Bona, saya tetap panggil Uput untuk shalat subuh. Kami pun berangkat, walau saya takut. Sebenarnya saya lebih suka memutar lewat gand depan rumah Eko Bintoro. Tapi karena sudah azan, nggak ke sana.
Kami berjalan pelan. sampai akhirnya di depan rumah Bu Dullah, Bona mulai menggonggong.

"Mau terus nggak, Put?" tanya saya.

Uput ragu ngejawab.

"Kita pulang lagi aja yu!" ajak saya.

Karena sama-sama takut, akhirnya balik lagi ke rumah. saya biasanya bawa kunci rumah sendiri. Jadi bisa masuk langsung. Tapi ternyata Uput nggak bawa kunci rumah. Dia ketok-ketok rumah nggak dibukain. sampai saya dengar suara Uput keakutan hampir nangis karena nggak dibuka-bukain pintu rumahnya.

"Ben, itu kok Uput ditinggal? Bukan ditemanin dulu sampai masuk?" tegur nyokap yang sudah bangun.

Saya bukannya keluar, malah  cekikikan sendiri ngedenger suara Uput yang ketakutan.
Maafin ya, Put.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar